Pengertian Website dan Jenis – jenisnya

Website

Website adalah sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; website, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain atau sub domain di dalam World Wide Web (WWW) di Internet.

Website juga merupakan promosi paling murah, efektif dan efisien apabila kita dapat mengelolany. Dari sudut pandang manapun media promosi menggunakan web tetap memiliki keunggulan yang lebih banyak, baik dari sudut pandang pendistribusian informasi, kecepatan penyampaian informasi, harga atau cost yang kita keluarkan.

Fungsi Website

Website mempunyai fungsi yang bermacam – macam, tergantung dari tujuan dan jenis website yang dibangun, tetapi secara garis besar dapat berfungsi sebagai Media Promosi, Media Pemasaran, Media Informasi, Media Pendidikan, Media Komunikasi.

Jenis – jenis Website

Teknologi web semakin banyak digunakan untuk pembuatan website hingga web application. Jenis – jenis website baru pun bermunculan dan dikembangkan oleh para developer. Website dengan jenis baru lahir dengan prototype bagi pengembang lain untuk mengembangkan jenis website serupa.

a) Website Static

Adalah jenis website yang mana pengguna tidak bisa mengubah content dari web tersebut secara langsung menggunakan browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanyalah seputar pemrosesan link saja.

Jenis website ini menggunakan client side script, yaitu script-script yang dapat dimengerti oleh komputer client saja (dalam hal ini browser) seperti html, javascript, dhtml, css dan lain-lain.

b) Web Dinamis

Dalam web dinamis, interaksi yang terjadi antara pengguna dan server sangat kompleks. Seseorang bisa mengubah content dari halaman tertentu dengan menggunakan browser. Request yang dikirimkan oleh pengguna dapat dikirimkan oleh server untuk kemudian ditampilkan dalam isi yang berbeda-beda menurut alur programnya. Jenis web ini menggunakan server side script, yaitu bahasa pemrograman yang dapat diproses oleh server untuk kemudian ditampilkan di browser pengguna dengan client side script.

Contoh dari web dinamis misalnya adalah forum-forum yang ada di internet. Disitu kita dapat mengisi content dari web tersebut, mengubah data diri, dan mengirimkan pesan. Misalnya beberapa website dan mulai menjadi trend di dunia maya ; Basic, Search Engine, Portal, Blog, Networking/Jejaring Sosial, Forum, News, Event Organizer, Gallery, Multimedia Streaming, E-Commerce, E-Learning.

Dari beberapa jenis-jenis tersebut tidak diherankan bila terjadi beberapa fasilitas di situs jenis lainnya ada di situs utama. Misalnya situs networking seperti Facebook, Friendster dan Multiply yang juga menyediakan fasilitas blogging didalamnya. Untuk membedakan jenis dari situs-situs tersebutdapat ditentukan dari dimanakah situs tersebut berfokus.

Joomla

Joomla adalah Sistem Manajemen Konten (SMK) atau (CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basis data MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertama kali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla berasal dari bahasa Swahili yang mengandung arti “kebersamaan”.

Secara garis besar dan gamblang, Joomla terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan internet/intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL sebagai basisdata-nya.

Pertama kali, penggunan meminta akses terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser web yang kemudian terhubung dengan server web. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain terdapat URL juga terdapat parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain). Berdasarkan parameter tersebut, sistem sistem skrip Joomla melakukan kontak dengan basisdata dan mengambil konten yang dimaksud berdasarkan parameternya. Terakhir, konten dan template digabung bersama dan kembali sebagai halaman HTML, gambar, CSS dan javascript.

Paket Joomla terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan termodul yang sangat fleksibel, dan dapat dengan mudah dikembangkan dan diintegrasikan. Sebagai contoh “plugins” WikiBot yang memperbolehkan penulis menggunakan “Wikitags” pada bagian artikel yang fungsinya secara otomatis membuat pranala dinamis ke artikel Wikipedia pada saat ditampilkan. Ada lebih dari 1.700 “plugins” yang secara resmi didelegasikan oleh OpenSourceMatters tersedia di http://extensions.joomla.org/ dan saat ini secara resmi dipindah ke http://joomlacode.org dengan dukungan server yang lebih lengkap. Joomla dipilih karena ia mudah dipahami, dokumentasi yang baik, dukunga komunitas pengguna dan pengembang yang yang aktif bersama-sama memberikan bantuan dan untuk semua kesulitan, modul-modul tambahan yang relatif lengkap, serta keudahan implenmentasi karena hampir semua hosting server mempunyai syarat minimum untuk menjalankannya. Software Joomla bisa anda download secara gratis di internet.

LAMP

LAMP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.
Komponen-komponen dari LAMP:

  • Linux sebagai sistem operasi
  • Apache HTTP Server sebagai web server
  • MySQL sebagai sistem basis data
  • Perl atau PHP atau Pyton sebagai bahasa pemrograman yang dipakai

Beberapa perangkat lunak yang menggunakan konfigurasi LAMP antara lain MediaWiki dan Bugzilla.

Linux

Linux adalah sebuah program (system operasi) open source di bawah lisensi GNU, system beroperasi pada 32-64 bit, yang merupakan turunan dari UNIX dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform hardware mulai dari intel (x86), hingga prosesor RISC. GNU (GNU merupakan singkatan dari GNU’S Not Unix, atau GNU Bukan Unix).
Sejarah Linux itu sendiri dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Universitas Helsinki, Finlandia bernama Linus Benedict Torvald menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32 bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC. Logo Linuxyang digunakan adalah Tux atau penguin. Penguin digunakan sebagai logo berdasarkan pengalaman saat Torvald berjalan-jalan dengan rekannya Andrew Tridgell (penyusun samba yaitu sebuah program yang memungkinkan mesin UNIX termasuk Linux berkomunikasi dengna Windows dalam sebuah jaringan), tiba-tiba Torvald dipatok penguin, dan semenjak itu mengalami demam berhari-hari. Dia berpikir, bahwa karakter itu yang cocok untuk mewakili Linux.

Apache

Apache adalah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya). Selain itu, Apache juga diartikan sebagai suatu web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari. Kesimpulan ini bisa didapatkan dari jumlah pengguna yang jauh melebihi para pesaingnya. Sesuai hasil survai yang dilakukan oleh Netcraft, bulan Januari 2005 saja jumlahnya tidak kurang dari 68% pangsa web server yang berjalan di Internet. Ini berarti jika semua web server selain Apache digabung, masih belum bisa mengalahkan jumlah Apache.

Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah. Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

Saat ini ada dua versi Apache yang bisa dipakai untuk server produksi, yaitu versi mayor 2.0 dan versi mayor 1.3. Apache merupakan webserver yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab, di antaranya adalah karena sifatnya yang opensource dan mudahnya mengkostumisasikannya. diantaranya dengan menambahkan support secure protocol melalui ssl dan konektifitasnya dengan database server melalui bahasa scripting PHP .

MySQL

MySQL adalah sebuah software database, database adalah sebuah tempat untuk menyimpan data yang jenisnya beraneka ragam. MySQL merupakan tipe data yang relasional yang artinya MySQL menyimpan datanya dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan.

Keuntugan penyimpanan data di database adalah kemudahannya dalam penyimpanan dan menampilkan data karena dalam bentuk tabel. Untuk melakukan pengolahan terhadap tabel, anda dapat menggunakan perintah SQL.

PHP

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman web berbasis server (server-side) yang mampu mem-parsing kode php dari kode web dengan ekstensi .php, sehingga menghasilkan tampilan website yang dinamis disisi client (browser). Dengan PHP, anda bis amenjadikan halaman HTML menjadi lebih powerfull dan bisa dipakai sebagai aplikasi lengkap, misalnya untuk beragam aplikasi cloud computing.

PHP awalnya dikembangkan oleh seorang programmer bernama Rasmus Lerdorf pada tahum 1995, namun semenjak itu selalu dikembangkan oleh kelompok independen yang disebut group PHP dan sekelompok ini juga yang mendefinisikan standar de facto untuk PHP karena tidak ada spesifikasi formal. Saat ini pengembangannya dipimpin oleh duo maut, Andi Gutmans dan Zeev Suraski.

Yang menyebabkan PHP banyak dipakai oleh banyak orang adalah karena PHP adalah perangkat lunak bebas (opensource) yang dirilis dibawah lisensi PHP. Artinya untuk menggunakan bahasa pemrograman ini gratis, bebas dan tidak terbuka. Untuk web PHP adalah bahasa scripting yang bisa dipakai untuk tujaun apapun. Diantaranya cocok untuk pengembangan aplikasi web berbasis server (server-side) mana PHP nantinya dijalankan di server web.

Untuk tahap produksi, biasanya programmer Indonesia melakukan koding PHP di lingkungan windows, tapi dalam tahap implementasi, biasanya mereka akan meletakkan aplikasi PHP di LAMP. Kombinasi perangkat lunak yang disertakan dalam paket LAMP mungkin berbeda-beda, terutama penggunaanya, seperti PHP dapat diganti atau dilengkapi dengan Perl dan/atau Python. Tapi akhirnya pasti AMP. Jika dijalankan di Windows akan menjadi WAMP, jika di Mac OS menjadi MAMP, jika di Solaris menjadi SAMP, atau jika di OpenBSD menjadi OAMP.

Meskipun pengembang awal program-program seperti Apache, MySQL dan PHP tidak merancang untuk bekerjasama satu sama lain, tapi ternyata aplikasi-aplikasi ini bisa dijalankan dengan benar. Kombinasi software-software ini telah menjadi populer karena semua software-nya bebas biaya, opensource dan lebih mudah diadaptasi. Tak heran jika aplikasi AMP ini dibundel dengan mayoritas distro Linus saat ini.

Ketika digunakan bersama-sama, software ini bisa menjadi semacam platform untuk mendukung solusi teknologi berbasis server. Aplikasi LAMP banyak digunakan di dunia per-hostingan karena beberapa keunggulan, seperti :

  1. Mempermudah coding : para pemula tidak perlu mengkonfigurasi satu per satu untuk bisa langsung coding dengan PHP dan MySQL.
  2. Mudah untuk menyebarkan : Karena PHP adalah modul Apache standar, mudah untuk menggunakan aplikasi web dengan langsung meng-upload file php ke server Apache yang terkoneksi ke database MySQL.
  3. Pengembangan lokal : LAMP dapat diatur sehinggan aplikasi dapat dibangun secara lokal, kemudian disebarkan Web dengan cepat.
  4. Murah dan ada dimana-mana : Banyak webhost murah menyediakan layanan PHP dan MySQL. Atau dengan kata lain, ini merupakan solusi paling banyak diterapkan.

PHPMyAdmin

Phpmyadmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman php yang digunakan untuk menangani administrasi MYSQL melalui jejaringan jagat jembar
( World Wide Web). Phpmyadmin mendukung berbagai aplikasi mysql, diantaranya (mengelola basis data, table- table, bidang, relasi, indeks, pengguna, perizinan, dll)
Phpmyadmin dimulai pada tahun 1998 oleh Tobias Ratschiller seseorang konsultan IT. Ratschiller mengerjakan sebuah program bernama MYSQL-webadmin dengan bebas, yang merupakan produk dari Petrus Kuppelwieser, yang telah berhenti mengembangkannya pada saat itu. Ratschiller menulis kode baru untuk phpmyadmin, dan ditingkatkan pada konsep dari proyek Kuppelwieseer.

Ratschiller meninggalkan proyek phpmyadmin pada tahun 2001. Sekarang sebuah tim dari delapan pengembang yang dipimpin oleh Oliver Muller meneruskan pengembangan phpmyadmin di SourceForge.net. beberapa pengembang diantaranya :

  1. Marc Delisle
  2. Michal Cihar
  3. Sebastian Mendel
  4. Herman van Rink

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s